Bayer Co. (Malaysia)

Menarik Keterlibatan Pelanggan & Kesadaran melalui Percakapan

Bayer adalah perusahaan dengan kompetensi di bidang Life Science yang menghadirkan berbagai produk kesehatan dan farmasi. Dengan perusahaan di lebih dari 90 negara, Bayer bertujuan untuk memberikan solusi terhadap tantangan utama yang dihadapi orang-orang di era masa kini, seperti kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup dan perawatan medis masyarakat.

Tantangan

Salah satu produk utama yang ditawarkan Bayer adalah kontrasepsi oral untuk perempuan yang dapat digunakan untuk keperluan keluarga berencana. Namun, sekitar 48% perempuan milenial memiliki kesadaran yang sangat rendah tentang pilihan kontrasepsi yang tersedia bagi mereka. Terlebih di Malaysia, di mana topik seputar kontrasepsi dianggap tabu. Hal ini menghadirkan masalah kesenjangan pengetahuan yang sangat besar di antara perempuan milenial di Malaysia, sehingga memberikan potensi masalah dalam hal kesehatan, keuangan, dan rencana keluarga kedepannya.

Menyadari tantangan di pasar Malaysia, Bayer berangkat mencari solusi untuk meningkatkan kesadaran akan pilihan kontrasepsi di kalangan perempuan milenial lokal.

Solusi

Mengingat hambatan sosial seputar topik kontrasepsi, solusinya harus menyediakan saluran yang kondusif di mana perempuan dapat merasa aman berbicara tentang kontrasepsi tanpa penilaian dari orang lain, sambil mengomunikasikan informasi kesehatan yang dapat diandalkan dengan cara yang menarik.

Penelitian menunjukkan bahwa pengguna Malaysia sangat cerdas secara digital, dengan tingkat penetrasi tertinggi pada platform perpesanan seperti Facebook Messenger. Mengingat jangkauan yang mapan dan interaktivitas yang tinggi dalam ruang pesan pribadi, chatbot adalah platform paling ideal untuk menjadi media percakapan yang dapat menjangkau perempuan milenial di Malaysia dan mendidik mereka tentang pilihan kontrasepsi. Dari hal ini lahirlah Ask Maya, chatbot yang dirancang langsung oleh Bayer Malaysia.

Untuk mengundang pengguna mempercayai dan berkomunikasi secara bebas dengan chatbot, persona dirancang sebagai BFF setiap perempuan - Best Friend for Family Planning. Ask Maya mengadopsi nada suara yang ramah dan menyenangkan untuk dapat berbicara secara santai. Avatar Maya sendiri dirancang khusus agar terlihat seperti perempuan muda milenial guna membangkitkan kedekatan dan relevansi dengan para penggunanya.

Dengan demikian, Ask Maya diciptakan untuk membantu meningkatkan kesadaran akan kontrasepsi di kalangan perempuan dengan memberikan mereka:

• Informasi yang dapat dipercaya tentang metode kontrasepsi
• Artikel dan video menarik tentang kontrasepsi (dimana pengguna dapat berlangganan)
• Pengingat pil untuk mengingatkan pengguna mengonsumsi pil kehamilan tepat waktu
• Saran untuk pengguna yang melewatkan pil mereka di berbagai skenario
• * Memanfaatkan pengingat pil untuk mengingatkan pengguna untuk membeli pil kehamilan mereka langsung di apotek online (segera hadir)

Selain memberikan informasi tentang kontrasepsi, Ask Maya juga mendampingi pengguna dalam mengatur strategi keluarga berencana melalui fitur-fitur seperti pengingat pil dan saran untuk pil yang lupa diminum. Hal ini membantu Bayer, sebagai sebuah merek kesehatan, secara mulus terlibat dalam kehidupan penggunanya sehingga keterikatan dan keterlibatan pengguna meningkat, meskipun ada stigma sosial seputar alat kontrasepsi.

Hasil

Dalam 3 bulan, percakapan yang terjadi di Ask Maya melampaui harapan. Sekitar 12, 767 pengguna yang berbeda dapat dilayani dengan dengan ketepatan menjawab sebesar 89,7% dari kueri tanpa perlu campur tangan agen manusia. Maya juga secara efektif melibatkan pengguna dengan tingkat retensi tinggi, yaitu 14,3%.

Dari kampanye percakapan besar-besaran yang dilakukan, chatbot Ask Maya mencapai open rate rata-rata sebesar 75,9%, dan RKPT rata-rata 17,3%.

“The award-winning Ask Maya was our way to get the Malaysian female community acquainted with contraceptive pills and be their reliable source of info in an interactive chat experience. Poised as every lady’s BFF (Best Friend for Family planning), Ask Maya effectively addressed contraception queries of over 12,767 users to-date while keeping them highly engaged through Facebook Messenger with features like pill reminders and articles on family planning. We would like to thank the team at AiChat too for the meeting these objectives with the apt conversation design and amazing build!”

– Leon Lee, Associate Product Manager

Menarik keterlibatan pelanggan dan brand awareness mengenai kontrasepsi melalui percakapan chatbot


LIHAT SELENGKAPNYA